Detail Cantuman

ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019

ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019


Analisis Ekspektasi dan Persepsi Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang Tahun 2019
Alma Vramitha
164840101
Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
INTISARI
Kualitas pelayanan berfokus pada upaya pemenuhan kebutuhan penyampaian dan keinginan pelanggan. Kepuasan terhadap kualitas pelayanan dapat dirasakan pasien apabila kinerja barang atau jasa sekurang-kurangnya sama dengan apa yang diharapkan. Terjadi peningkatan jumlah kunjungan pasien dari tahun 2016 hingga 2018 di Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ekpektasi dan persepsi pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang yang ditinjau berdasarkan 5 dimensi SERVQUAL yaitu assurance, emphaty, tangibles, reliability, dan responsiveness.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian analitik komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Data diambil dengan cara membagikan kuesioner kepada pasien yang menebus resep di Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang. Analisis menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian pada 5 dimensi SERVQUAL menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara ekspektasi dan persepsi pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang (nilai sig. 0,001 < p value). Hasil penelitian pada dimensi assurance, emphaty, tangibles, reliability dan responsiveness menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara ekspektasi dan persepsi pasien terhadap pelayanan kefarmasian (nilai sig. 0,001 < p value).
Kata Kunci: Ekspektasi dan Persepsi, Pelayanan Kefarmasian, Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Alma Vramitha
Pengarang Alma Vramitha - Personal Name (Pengarang)
Ratih Puspita Kusumadewi Purba, S.Si., M.Sc - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Dela Lanaya, S.Farm., Apt - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Edisi
No. Panggil 022 VRA 2019
Subyek Ekspektasi dan Persepsi
Pelayanan Kefarmasian
Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang
Klasifikasi
Judul Seri
GMD
Bahasa English
Penerbit Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit Poltekkes Pangkalpinang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik Karya Tulis Ilmiah


Citation

Alma Vramitha. (2019).ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang

Alma Vramitha.ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2019.

Alma Vramitha.ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2019.

Alma Vramitha.ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2019.

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG Official
Youtube PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG Official
Instagram PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id