Detail Cantuman

ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023

ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023


ABSTRAK
Latar belakang: Kepuasan pasien terhadap pelayanan dapat diketahui dengan membandingkan persepsi dan ekspektasi pasien. Farmasi Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang mengalami kendala dalam penyerahan obat karena penjelasan tidak berdasarkan rekam medis dan data klinis pasien sehingga informasi yang disampaikan bias. Informasi yang disampaikan dapat menimbulkan perbedaan antara ekspektasi dan persepsi pasien.
Tujuan: Menganalisis perbedaan antara ekspektasi dan persepsi pasien terhadap kegiatan penyerahan obat di Farmasi Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang ditinjau dari 5 dimensi SERVQUAL yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik komparatif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan Paired Sample T-Test. Responden adalah pasien/keluarga pasien Farmasi Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang berjumlah 130 orang.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara ekspektasi dan persepsi pasien terhadap kegiatan penyerahan obat di Farmasi Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang dengan P-value sebesar 0,001 (<0,05). Kesenjangan (gap) terbesar antara ekspektasi dan persepsi terdapat pada dimensi empathy.
Kesimpulan: Petugas Farmasi Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang dapat melakukan peningkatan pelayanan penyerahan obat pada dimensi assurance, tangible, responsiveness serta perbaikan pada dimensi empathy dan reliability.
Kata Kunci: Ekspektasi, Penyerahan Obat, Persepsi, Rumah Sakit, SERVQUAL


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab ISMELIAOCTARI
Pengarang ISMELIAOCTARI - Personal Name (Pengarang)
Lana Sari, M.Sc., Apt - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Ratih Puspita Kusumadewi Purba, S.Si., M.Sc - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Edisi
No. Panggil 615.1 ISM 2023
Subyek persepsi
rumah sakit
servqual
Klasifikasi 615.1
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Poltekkes Pangkalpinang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik KTI


Citation

ISMELIAOCTARI. (2023).ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang

ISMELIAOCTARI.ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2023.Text

ISMELIAOCTARI.ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2023.Text

ISMELIAOCTARI.ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2023.Text

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG Official
Youtube PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG Official
Instagram PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id