PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KOBA TAHUN 2022
Pengukuran Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelayanan Kefarmasian di
Puskesmas Koba Tahun 2022
Lihan Mei Shintia
194840121
Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
ABSTRAK
Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang
timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah
pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Puskesmas Koba
memiliki kunjungan tertinggi pada tahun 2018, 2019, dan 2020 dibandingkan
Puskesmas lainnya di Kabupaten Bangka Tengah. Kunjungan yang tinggi
mengharuskan tenaga kefarmasian lebih aktif dalam melayani pasien namun tetap
menampilkan pelayanan yang bermutu dan berkualitas untuk memperoleh
kepuasan pasien.
Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien pada
pelayanan kefarmasian di Puskesmas Koba berdasarkan lima dimensi SERVQUAL
yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangible.
Metode: Metode yang digunakan adalah kuantitatif bersifat observasional
deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah
sampel adalah 107 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan
dianalisis menggunakan analisis univariat.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan hasil sebesar 85,74% yang dikategorikan Sangat
Puas. Hasil berdasarkan dimensi SERVQUAL, yaitu reliability sebesar 91,30%,
responsiveness sebesar 77,80%, assurance sebesar 85,40%, empathy sebesar
87,14%, tangible sebesar 87,10%.
Kesimpulan: Puskesmas Koba dapat melakukan peningkatan pada pelayanan
kefarmasian pada tiap dimensi terutama pada item pernyataan yang lebih rendah
dari item pernyataan lainnya yaitu penjelasan lamanya waktu penyiapan obat
(reliability), penjelasan informasi efek samping obat (responsiveness), informasi
cara penggunaan obat (assurance), kesediaan petugas terkait masalah penggunaan
obat (empathy), dan ketersediaan obat (tangible).
Kata Kunci: Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas, SERVQUAL, Tingkat Kepuasan
Detail Information
Citation
Lihan Mei Shintia. (2022).
PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KOBA TAHUN 2022().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
Lihan Mei Shintia.
PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KOBA TAHUN 2022().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2022.
Lihan Mei Shintia.
PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KOBA TAHUN 2022().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2022.
Lihan Mei Shintia.
PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KOBA TAHUN 2022().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2022.