PENGARUH EDUPAL-FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU DAN ASUPAN ENERGI PADA ANAK BALITA DI KECAMATAN SIMPANG TERITIP
Endah Mayang Sari, S.Gz, MPH - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2022
Poltekkes Pangkalpinang : Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang
RINGKASAN
Latar Belakang: Pemberian makanan pendamping yang buruk dapat meningkatkan risiko
kekurangan gizi, morbiditas dan mortalitas pada bayi dan balita. Kurangnya pengetahuan
ibu mengenai gizi balita akan berdampak pada pemenuhan zat gizi pada balita karena
pengetahuan merupakan domain yang sangat penting dari terbentuknya perilaku seseorang.
Edupal-Flashcard berisi edukasi pangan lokal berdasarkan Panduan Gizi Seimbang Berbasis
Pangan Lokal (PGS-PL) sebagai solusi untuk peningkatan pengetahuan ibu dan pemecahan
masalah gizi balita.
Tujuan: Menganalisis pengaruh Edupal-Flashcard terhadap peningkatan pengetahuan ibu
dan asupan energi pada anak balita di Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat.
Metode Penelitian: Penelitian dengan desain quasy-eksperiment menggunakan rancangan
pretest-posttest control group design. Subjek penelitian kelompok perlakuan dengan
menggunakan edupal-flashcard dan kelompok kontrol diberikan penyuluhan. Sampel
sebanyak 60 responden yaitu 30 responden kelompok intervensi dan 30 responden kontrol.
Data asupan energi diperoleh dari wawancara menggunakan formulir food recall 1x24 jam
1 kali tidak berturut-turut sebelum dan sesudah intervensi. Data Pengetahuan gizi diperoleh
dari kuesioner pengetahuan. Analisis statistic menggunakan uji paired sample t-test dan
independent t-test.
Hasil Penelitian: Terdapat peningkatan skor pengetahuan ibu sebesar 4,6 poin pada
kelompok intervensi dan sebesar 3,36 poin pada kelompok kontrol dengan p=0,000. Namun,
tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pengetahuan ibu setelah intervensi
pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p=0,253. Pemberian edukasi
menggunakan Edupal-Flashcard (intervensi) dengan edukasi menggunakan penyuluhan
(kontrol) sama-sama dapat meningkatkan pengetahuan ibu dan tidak berbeda secara
signifikan.
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara asupan energi setelah
intervensi pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p=0,574.
KATA KUNCI: Asupan energi; balita; flashcard; pangan lokal; pengetahuan ibu
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Endah Mayang Sari, S.Gz, MPH |
Pengarang |
Endah Mayang Sari, S.Gz, MPH - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
|
No. Panggil |
|
Subyek |
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
Poltekkes Pangkalpinang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
LAPORAN AKHIR PENELITIAN SKEMA PEMULA |
Citation
Endah Mayang Sari, S.Gz, MPH. (2022).
PENGARUH EDUPAL-FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU DAN ASUPAN ENERGI PADA ANAK BALITA DI KECAMATAN SIMPANG TERITIP().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang
Endah Mayang Sari, S.Gz, MPH.
PENGARUH EDUPAL-FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU DAN ASUPAN ENERGI PADA ANAK BALITA DI KECAMATAN SIMPANG TERITIP().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang,2022.Text
Endah Mayang Sari, S.Gz, MPH.
PENGARUH EDUPAL-FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU DAN ASUPAN ENERGI PADA ANAK BALITA DI KECAMATAN SIMPANG TERITIP().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang,2022.Text
Endah Mayang Sari, S.Gz, MPH.
PENGARUH EDUPAL-FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU DAN ASUPAN ENERGI PADA ANAK BALITA DI KECAMATAN SIMPANG TERITIP().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang,2022.Text