ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023
ABSTRAK
Latar belakang: Kepuasan pasien terhadap pelayanan dapat diketahui dengan membandingkan persepsi dan ekspektasi pasien. Farmasi Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang mengalami kendala dalam penyerahan obat karena penjelasan tidak berdasarkan rekam medis dan data klinis pasien sehingga informasi yang disampaikan bias. Informasi yang disampaikan dapat menimbulkan perbedaan antara ekspektasi dan persepsi pasien.
Tujuan: Menganalisis perbedaan antara ekspektasi dan persepsi pasien terhadap kegiatan penyerahan obat di Farmasi Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang ditinjau dari 5 dimensi SERVQUAL yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik komparatif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan Paired Sample T-Test. Responden adalah pasien/keluarga pasien Farmasi Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang berjumlah 130 orang.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara ekspektasi dan persepsi pasien terhadap kegiatan penyerahan obat di Farmasi Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang dengan P-value sebesar 0,001 (<0,05). Kesenjangan (gap) terbesar antara ekspektasi dan persepsi terdapat pada dimensi empathy.
Kesimpulan: Petugas Farmasi Rawat Jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang dapat melakukan peningkatan pelayanan penyerahan obat pada dimensi assurance, tangible, responsiveness serta perbaikan pada dimensi empathy dan reliability.
Kata Kunci: Ekspektasi, Penyerahan Obat, Persepsi, Rumah Sakit, SERVQUAL
Detail Information
Citation
ISMELIAOCTARI. (2023).
ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
ISMELIAOCTARI.
ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2023.Text
ISMELIAOCTARI.
ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2023.Text
ISMELIAOCTARI.
ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KEGIATAN PENYERAHAN OBAT DI FARMASI RAWAT JALAN UPTD RSUD DEPATI HAMZAH KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2023().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2023.Text