ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019
Analisis Ekspektasi dan Persepsi Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang Tahun 2019
Alma Vramitha
164840101
Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
INTISARI
Kualitas pelayanan berfokus pada upaya pemenuhan kebutuhan penyampaian dan keinginan pelanggan. Kepuasan terhadap kualitas pelayanan dapat dirasakan pasien apabila kinerja barang atau jasa sekurang-kurangnya sama dengan apa yang diharapkan. Terjadi peningkatan jumlah kunjungan pasien dari tahun 2016 hingga 2018 di Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ekpektasi dan persepsi pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang yang ditinjau berdasarkan 5 dimensi SERVQUAL yaitu assurance, emphaty, tangibles, reliability, dan responsiveness.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian analitik komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Data diambil dengan cara membagikan kuesioner kepada pasien yang menebus resep di Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang. Analisis menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian pada 5 dimensi SERVQUAL menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara ekspektasi dan persepsi pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang (nilai sig. 0,001 < p value). Hasil penelitian pada dimensi assurance, emphaty, tangibles, reliability dan responsiveness menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara ekspektasi dan persepsi pasien terhadap pelayanan kefarmasian (nilai sig. 0,001 < p value).
Kata Kunci: Ekspektasi dan Persepsi, Pelayanan Kefarmasian, Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalpinang
Detail Information
Citation
Alma Vramitha. (2019).
ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
Alma Vramitha.
ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2019.
Alma Vramitha.
ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2019.
Alma Vramitha.
ANALISIS EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK PRATAMA BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2019().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2019.