PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAKSANAAN DISPENSING OBAT DI APOTEK K-24 MASJID JAMIK PANGKALPINANG TAHUN 2020
PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAKSANAAN DISPENSING OBAT DI APOTEK K-24 MASJID JAMIK PANGKALPINANG
Puan Lestari Nasution
194840127 RPL
Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
INTISARI
Dispensing adalah semua kegiatan yang terjadi pada waktu resep diterima sampai obat yang ditulis disampaikan kepada pasien. Persepsi pasien terhadap pelayanan apotek dalam kegiatan dispensing obat yang buruk akan merugikan apotek dari aspek bisnis karena pasien akan beralih ke tempat lain. Apotek K-24 Masjid Jamik Pangkalpinang merupakan jaringan apotek waralaba nasional yang buka 24 jam setiap hari dan berkomitmen menyediakan kebutuhan obat-obatan dan alat kesehatan yang lengkap dengan harga yang wajar. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui persepsi pasien terhadap pelaksanaan dispensing obat di Apotek K-24 Masjid Jamik Pangkalpinang Tahun 2020 yang ditinjau dari 5 (lima) dimensi SERVQUAL yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles.
Rancangan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan alat ukur kuesioner yang mengukur kepuasan pasien pada 5 dimensi SERVQUAL. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dan data diambil dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pasien yang mengunjugi apotek. Jumlah sampel dari penelitian yaitu sebanyak 57 responden yang berkunjung ke Apotek K-24 Masjid Jamik Pangkalpinang.
Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata persepsi pasien terhadap dispensing obat di Apotek K-24 Masjid Jamik Pangkalpinang sebesar 3,33 dalam kategori sangat baik dengan dimensi yang mempunyai nilai rata-rata persepsi tertinggi sampai terendah berturut-turut adalah tangibles 3,40 (sangat baik), assurance 3,34 (sangat baik), reliability 3,33 (sangat baik), responsiveness 3,31 (sangat baik), dan emphaty 3,30 (sangat baik). Saran untuk Apotek K-24 Masjid Jamik Pangkalpinang yaitu tetap mempertahankan dimensi tangibles dan meningkatkan pelayanan pada dimensi empathy khususnya tentang petugas memberikan informasi obat tanpa pasien harus meminta.
Kata Kunci: Apotek K-24 Masjid Jamik Pangkalpinang, Dispensing Obat, Persepsi Pasien.
Detail Information
Citation
PUAN LESTARI NASUTION. (2020).
PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAKSANAAN DISPENSING OBAT DI APOTEK K-24 MASJID JAMIK PANGKALPINANG TAHUN 2020().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
PUAN LESTARI NASUTION.
PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAKSANAAN DISPENSING OBAT DI APOTEK K-24 MASJID JAMIK PANGKALPINANG TAHUN 2020().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2020.
PUAN LESTARI NASUTION.
PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAKSANAAN DISPENSING OBAT DI APOTEK K-24 MASJID JAMIK PANGKALPINANG TAHUN 2020().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2020.
PUAN LESTARI NASUTION.
PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAKSANAAN DISPENSING OBAT DI APOTEK K-24 MASJID JAMIK PANGKALPINANG TAHUN 2020().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2020.