PENGUKURAN PERSEPSI PUSKESMAS TERHADAP PELAYANAN DISTRIBUSI PERBEKALAN FARMASI DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DKPPKB) KABUPATEN BELITUNG TIMUR
PENGUKURAN PERSEPSI PUSKESMAS TERHADAP PELAYANAN DISTRIBUSI PERBEKALAN FARMASI DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DKPPKB) KABUPATEN BELITUNG TIMUR
Mohd Yamin
194840120 RPL
Prodi Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
INTISARI
Persepsi merupakan pandangan seseorang menilai suatu objek atau permasalahan. Persepsi Puskesmas terhadap pelayanan distribusi sediaan farmasi sangatlah penting diukur untuk mengetahui efektif dan efisien pelayanan, mutu pelayanan, serta prioritas peningkatan pelayanan dalam dana yang terbatas dan untuk menjadi dasar evaluasi kembali kegiatan distribusi di DKPPKB Kabupaten Belitung Timur. Persepsi terhadap kualitas pelayanan dapat diukur dengan menggunakan pengukuran 5 dimensi SERQUAL yaitu dimensi assurance (jaminan), emphaty (perhatian), tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), dan responsiveness (ketanggapan).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang dilakukan di Puskesmas di wilayah kerja DKPPKB Kabupaten Belitung Timur. Jumlah seluruh responden adalah 28 orang. Analisis data penelitian dihitung sehingga menghasilkan skor rata-rata pada tiap dimensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai total rata-rata semua dimensi sebesar 4,13 dan dalam kategori Baik. Total rata-rata dimensi tertinggi sampai terendah berturut-turut sebagai berikut: responsiveness sebesar 4,23, reliability sebesar 4,18, assurance sebesar 4,13, tangibles sebesar 4,11, dan emphaty sebesar 4,02.
Secara keseluruhan kualitas pelayanan distribusi perbekalan farmasi DKPPKB Kabupaten Belitung Timur dalam kategori Baik, namun perlu dilakukan peningkatan kualitas pelayanan pada semua dimensi terutama pernyataan pada dimensi terendah emphaty, tentang pelayanan distribusi obat berdasarkan LPLPO, pada dimensi assurance tentang pencatatan nomor bacth pada dimensi tangibles tentang sistem penerimaan dan penyimpanan dan pada dimensi reliability tentang pembangunan sistem informasi.
Kata Kunci: Distribusi perbekalan farmasi, DKPPKB Belitung Timur, Persepsi
Detail Information
Citation
APA Style
MOHD YAMIN . (2020).
PENGUKURAN PERSEPSI PUSKESMAS TERHADAP PELAYANAN DISTRIBUSI PERBEKALAN FARMASI DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DKPPKB) KABUPATEN BELITUNG TIMUR ().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
Chicago Style
MOHD YAMIN .
PENGUKURAN PERSEPSI PUSKESMAS TERHADAP PELAYANAN DISTRIBUSI PERBEKALAN FARMASI DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DKPPKB) KABUPATEN BELITUNG TIMUR ().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2020.
MLA Style
MOHD YAMIN .
PENGUKURAN PERSEPSI PUSKESMAS TERHADAP PELAYANAN DISTRIBUSI PERBEKALAN FARMASI DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DKPPKB) KABUPATEN BELITUNG TIMUR ().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2020.
Turabian Style
MOHD YAMIN .
PENGUKURAN PERSEPSI PUSKESMAS TERHADAP PELAYANAN DISTRIBUSI PERBEKALAN FARMASI DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DKPPKB) KABUPATEN BELITUNG TIMUR ().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2020.