GAMBARAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DAN POLA MAKAN REMAJA USIA 15-18 TAHUN DI SMA MUHAMMADIYAH TOBOALI
xii
INTISARI
GAMBARAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE
DAN POLA MAKAN REMAJA USIA 15-18 TAHUN
DI SMA MUHAMMADIYAH TOBOALI
Oktaviani
Oktavianiamoy1998@gmail.com
Latar Belakang : Terdapat beberapa kasus gamers yang adiksi (kecanduan) dengan game online telah menghabiskan waktu dengan sia-sia. Sehingga gamers tidak mandi, makan, sehingga menyebabkan pola makan kita menjadi tidak teratur karena terlalu fokus dengan game (Yanto, 2011). Kontribusi pengguna internet tertinggi terdapat di Wilayah Sumatera yaitu sebanyak 21,6%, salah satu Provinsi di Wilayah Sumatera pengguna internet terbesar adalah penduduk di Wilayah Provinsi Bangkabelitung yaitu sebanyak 70%. Adapun konten internet yang sering dikunjungi yaitu 17,1% bermain game online (APJI, 2018).
Tujuan : Mengetahui gambaran kecanduan bermain game online dan pola makan remaja usia 15-18 tahun di SMA MUHAMMADIYAH Toboali.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan desain cross sectional study, penelitian ini dilakukan secara daring/kuesioner online pada remaja usia 15-18 tahun di SMA Muhammadiyah Toboali dengan jumlah sampel 97 orang yang menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling.
Hasil : Terdapat 56,7% responden kecanduan game online. Frekuensi waktu makan responden yaitu 56,7% sedang, 28,9% kurang, dan 14,4% baik. Beberapa jenis sumber makanan pokok sering dikonsumsi responden yaitu nasi, mie instan. Sumber makanan protein hewani yang sering dikonsumsi yaitu daging ayam, ikan laut, dan telur ayam. Sumber lauk nabati yang sering dikonsumsi yaitu tempe. Jenis sayuran yang sering dikonsumsi yaitu kangkung, dan bayam. Jenis buah-buahan yang sering dikonsumsi yaitu buah pisang, dan sisa diantaranya tidak mengonsumsi buah-buahan. Rata-rata asupan responden laki-laki yaitu 1338.70 Kkal/hari energi, 56.26 g/hari protein, 27.82 g/hari lemak, dan 213.54 g/hari. Sedangkan rata-rata asupan zat gizi perempuan yaitu 1354.54 Kkal/hari energi, 57.16 g/hari protein, 34.06 g/hari lemak, dan 71.46 g/hari karbohidrat.
Kesimpulan : Rata-rata asupan energi dan zat gizi protein, lemak, karbohidrat remaja yang kecanduan game online kurang dari AKG
Kata Kunci : Kecanduan, game online, pola makan, remaja
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Oktaviani |
Pengarang |
Oktaviani - Personal Name (Pengarang)Fitrah, SKM., M.Kes - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)Eri Virmando, S.Gz., M.Gz - Personal Name (Dosen Pembimbing 2) |
Edisi |
|
No. Panggil |
026 OKT 2020 |
Subyek |
Pola Makan remaja game online kecanduan
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
English |
Penerbit |
Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
Poltekkes Pangkalpinang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
Karya Tulis Ilmiah |
Citation
Oktaviani. (2020).
GAMBARAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DAN POLA MAKAN REMAJA USIA 15-18 TAHUN DI SMA MUHAMMADIYAH TOBOALI().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang
Oktaviani.
GAMBARAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DAN POLA MAKAN REMAJA USIA 15-18 TAHUN DI SMA MUHAMMADIYAH TOBOALI().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang,2020.
Oktaviani.
GAMBARAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DAN POLA MAKAN REMAJA USIA 15-18 TAHUN DI SMA MUHAMMADIYAH TOBOALI().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang,2020.
Oktaviani.
GAMBARAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DAN POLA MAKAN REMAJA USIA 15-18 TAHUN DI SMA MUHAMMADIYAH TOBOALI().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang,2020.