PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021
Pengukuran Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Petaling Kabupaten Bangka Tahun 2021
Rahmi Agustia
184840125
Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
ABSTRAK
Latar Belakang: Kepuasan merupakan selisih kinerja pelayanan dengan harapan pasien sebelum menggunakan jasa dari suatu pelayanan. Jumlah kunjungan pasien Puskesmas Petaling mengalami peningkatan pada tahun 2018 dan 2019, sedangkan pada tahun 2020 mengalami penurunan yang kemungkinan terjadi dikarenakan adanya pandemi Covid-19.
Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengukur kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Petaling Kabupaten Bangka ditinjau melalui dimensi SERVQUAL yaitu reliability, assurance, responsiveness, empathy, dan tangibles.
Metode: Metode yang digunakan adalah observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 94 responden. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner dan dianalisis dengan metode univariat berdasarkan gap antara pelayanan yang diterima dengan persepsi pasien.
Hasil: Hasil Penelitian kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Petaling Kabupaten Bangka berada pada gap -0,20 dikategorikan Cukup Puas. Berdasarkan dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles secara berturut-turt hasil penelitian berada pada gap -0,19; -0,27; -0,25; -0,28 dan -0,06 yang dikategorikan Cukup Puas.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang masih berada pada kategori Cukup Puas, maka Puskesmas Petaling perlu melakukan upaya peningkatan kualitas terhadap pemberian informasi obat (reliability), penjelasan efek samping obat (responsiveness), informasi aturan penggunaan obat (assurance), kepedulian terhadap keluhan pasien (empathy), dan label obat dapat dibaca dengan baik (tangibles).
Kata Kunci: Kepuasan pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas
Detail Information
Citation
Rahmi Agustia. (2021).
PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
Rahmi Agustia.
PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2021.
Rahmi Agustia.
PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2021.
Rahmi Agustia.
PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2021.