Detail Cantuman

PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021

PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021


Pengukuran Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Petaling Kabupaten Bangka Tahun 2021
Rahmi Agustia
184840125
Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
ABSTRAK
Latar Belakang: Kepuasan merupakan selisih kinerja pelayanan dengan harapan pasien sebelum menggunakan jasa dari suatu pelayanan. Jumlah kunjungan pasien Puskesmas Petaling mengalami peningkatan pada tahun 2018 dan 2019, sedangkan pada tahun 2020 mengalami penurunan yang kemungkinan terjadi dikarenakan adanya pandemi Covid-19.
Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengukur kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Petaling Kabupaten Bangka ditinjau melalui dimensi SERVQUAL yaitu reliability, assurance, responsiveness, empathy, dan tangibles.
Metode: Metode yang digunakan adalah observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 94 responden. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner dan dianalisis dengan metode univariat berdasarkan gap antara pelayanan yang diterima dengan persepsi pasien.
Hasil: Hasil Penelitian kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Petaling Kabupaten Bangka berada pada gap -0,20 dikategorikan Cukup Puas. Berdasarkan dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles secara berturut-turt hasil penelitian berada pada gap -0,19; -0,27; -0,25; -0,28 dan -0,06 yang dikategorikan Cukup Puas.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang masih berada pada kategori Cukup Puas, maka Puskesmas Petaling perlu melakukan upaya peningkatan kualitas terhadap pemberian informasi obat (reliability), penjelasan efek samping obat (responsiveness), informasi aturan penggunaan obat (assurance), kepedulian terhadap keluhan pasien (empathy), dan label obat dapat dibaca dengan baik (tangibles).
Kata Kunci: Kepuasan pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Rahmi Agustia
Pengarang Rahmi Agustia - Personal Name (Pengarang)
Ratih Puspita Kusumadewi Purba, S.Si., M.Sc - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Merynda Nur Sandi, S.Farm - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Edisi
No. Panggil 007 RAH 2021
Subyek Pelayanan Kefarmasian
Kepuasan Pasien
puskesmas
Klasifikasi
Judul Seri
GMD
Bahasa English
Penerbit Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit Poltekkes Pangkalpinang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik Karya Tulis Ilmiah


Citation

Rahmi Agustia. (2021).PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang

Rahmi Agustia.PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2021.

Rahmi Agustia.PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2021.

Rahmi Agustia.PENGUKURAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS PETALING KABUPATEN BANGKA TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2021.

 



Homepage Info

Welcome To SETIADI (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG Official
Youtube PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG Official
Instagram PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id