GAMBARAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT SELESMA DI KELURAHAN MELINTANG KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2021
Gambaran Keputusan Pembelian Obat Selesma di Kelurahan Melintang
Kota Pangkalpinang Tahun 2021
Nadia Novita Rusdian
184840121
Program Studi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
ABSTRAK
Latar Belakang: Kelurahan Melintang merupakan wilayah yang rawan banjir
sehingga dapat menimbulkan penyakit selesma. Obat selesma dapat dibeli di toko
kelontong, toko obat, dan apotek. Keputusan pembelian merupakan faktor paling
penting sebagai penentu eksistensi produk yang dipengaruhi faktor produk, harga,
tempat, dan promosi obat.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui merek obat yang dipilih dan
keputusan pembelian merek berdasarkan produk, harga, tempat, dan promosi di
Kelurahan Melintang Kota Pangkalpinang.
Metode: Metode yang digunakan adalah observasional deskriptif bersifat
kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan
teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang
dianalisis menggunakan metode univariat.
Hasil: Merek obat yang dipilih adalah Bodrex Flu dan Batuk (47,40%), Decolgen
(17,50%), Mixagrip (15,50%), Noza (11,30%) dan Ultraflu (8,30%). Keputusan
pembelian paling tinggi merek Bodrex Flu dan Batuk, Decolgen, dan Mixagrip
berdasarkan produk dengan persentase secara berturut-turut (81,05%), (82,34%),
dan (83,51%). Keputusan pembelian paling tinggi merek Noza dan Ultraflu
berdasarkan tempat dengan persentase secara berturut-turut (84,83%) dan
(83,34%).
Kesimpulan: Merek obat yang dipilih oleh responden adalah Bodrex Flu dan
Batuk, Decolgen, Mixagrip, Noza, dan Ultraflu. Kelima produsen harus
meningkatkan promosi melalui brosur, leaflet, atau banner sebagai pengganti
promosi melalui sales promotion, pameran, dan majalah/koran. Distributor
Bodrex Flu dan Batuk harus mendistribusikan sediaan sirup secara merata,
distributor Decolgen harus meningkatkan ketersediaan obat, produsen Noza harus
mengedukasi konsumen menyimpan obat sesuai petunjuk, dan produsen Ultraflu
harus membuat kemasan lebih menarik serta menekankan tagline saat
mempromosikan obat.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Obat Selesma
Detail Information
Citation
Nadia Novita Rusdian. (2021).
GAMBARAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT SELESMA DI KELURAHAN MELINTANG KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
Nadia Novita Rusdian.
GAMBARAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT SELESMA DI KELURAHAN MELINTANG KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2021.
Nadia Novita Rusdian.
GAMBARAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT SELESMA DI KELURAHAN MELINTANG KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2021.
Nadia Novita Rusdian.
GAMBARAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT SELESMA DI KELURAHAN MELINTANG KOTA PANGKALPINANG TAHUN 2021().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2021.