PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWI TENTANG ANEMIA PADA REMAJA SETELAH MENDAPATKAN VIDEO ANIMASI DI SMPN 10 KOTA PANGKALPINANG
KHOIRIYYATUL ULFAH - Personal Name (Pengarang)
Manuscript
English
2021
Poltekkes Pangkalpinang : Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang
ABSTRAK
PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWI TENTANG ANEMIA PADA REMAJA SETELAH MENDAPATKAN VIDEO
ANIMASI DI SMPN 10 KOTA PANGKALPINANG
Khoiriyyatul Ulfah
Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
khoiriyyatululfah1227@gmail.com
Latar Belakang: Anemia merupakan tidak tercukupinya jumlah sel darah merah atau konsentrasi pengangkut oksigen dalam darah (Hb) untuk kebutuhan fisiologis tubuh. Salah satu faktor penyebab terjadinya anemia pada remaja putri adalah pengetahuan. Pengetahuan remaja yang kurang tentang anemia merupakan salah satu alasan kelompok remaja menjadi kelompok rawan menderita anemia. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan siswi adalah dengan edukasi gizi menggunakan video animasi.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah menilai tingkat pengetahuan tentang anemia pada remaja putri yang diberikan intervensi dengan edukasi video animasi tentang anemia di SMPN 10 Pangkalpinang.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experimental dan menggunakan rancangan posttest only design. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas VII di SMPN 10 Kota Pangkalpinang yang telah memenuhi kriteria inklusi sebanyak 70 siswi. Variabel bebas adalah video animasi. Varibel terikat adalah pengetahuan tentang anemia.
Hasil: Terdapat perbedaan antara nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen (yang diberi perlakuan) dan kelompok kontrol (yang tidak diberikan perlakuan) dengan hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) = 0.022 < 0.05.
Kesimpulan: Pengetahuan remaja putri tentang anemia di SMPN 10 Pangkalpinang pada kelompok yang diberikan video animasi sebesar 67,6% dalam kategori baik sedangkan pada kelompok yang tidak diberikan video animasi sebesar 35,3%. Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen (yang diberi perlakuan) dan kelompok kontrol (yang tidak diberikan perlakuan).
Kata Kunci: Anemia, Video Animasi, Pengetahuan
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
KHOIRIYYATUL ULFAH |
Pengarang |
KHOIRIYYATUL ULFAH - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
|
No. Panggil |
020 ULF 2O21 |
Subyek |
Pengetahuan Anemia VIDEO ANIMASI
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Manuscript |
Bahasa |
English |
Penerbit |
Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
Poltekkes Pangkalpinang |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
TUGAS AKHIR |
Citation
KHOIRIYYATUL ULFAH. (2021).
PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWI TENTANG ANEMIA PADA REMAJA SETELAH MENDAPATKAN VIDEO ANIMASI DI SMPN 10 KOTA PANGKALPINANG().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang
KHOIRIYYATUL ULFAH.
PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWI TENTANG ANEMIA PADA REMAJA SETELAH MENDAPATKAN VIDEO ANIMASI DI SMPN 10 KOTA PANGKALPINANG().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang,2021.Manuscript
KHOIRIYYATUL ULFAH.
PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWI TENTANG ANEMIA PADA REMAJA SETELAH MENDAPATKAN VIDEO ANIMASI DI SMPN 10 KOTA PANGKALPINANG().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang,2021.Manuscript
KHOIRIYYATUL ULFAH.
PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWI TENTANG ANEMIA PADA REMAJA SETELAH MENDAPATKAN VIDEO ANIMASI DI SMPN 10 KOTA PANGKALPINANG().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII GIZI Poltekkes Pangkalpinang,2021.Manuscript