GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI KAMAR OBAT INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2016
Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Resep Di Kamar
Obat Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang Tahun 2016
Harisah
13390013
Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
INTISARI
Kualitas pelayanan dapat diukur dengan kepuasan pasien yang telah
diberikan oleh petugas instalasi farmasi. Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang
adalah rumah sakit tertua yang ada di Pangkalpinang dan merupakan rumah sakit
swasta dengan tipe C. Waktu tunggu pelayanan resep di Kamar Obat Instalasi
Farmasi Rumah Sakit Bakti Timah (IFRSBT) Pangkalpinang Tahun 2015 selama
9 bulan yaitu dengan rata-rata untuk resep obat jadi 33,78 menit dan resep racikan
37,80 menit. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kepuasan
pasien rawat jalan terhadap pelayanan resep di Kamar Obat Instalasi Farmasi
Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang Tahun 2016.
Penelitian ini bersifat kuntitatif dengan menggunakan observasional
deskriptif dengan pendekatan cros sectional dilihat dari dimensi SERVQUAL
(tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty). Penelitian ini
dilakukan di Kamar Obat IFRSBT Pangkalpinang Tahun 2016. Cara pengambilan
sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive
sampling dan cara pengolahan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang
digunakan adalah analisis univariat.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil penelitian yaitu
sangat puas sebanyak 176 pasien (41,8%), puas sebanyak 221 pasien (52,5%),
cukup puas sebanyak 24 pasien (5,7%) dan tidak ada pasien yang memilih tidak
puas dan sangat tidak puas. Saran untuk IFRSBT Pangkalpinang yaitu tetap
mempertahankan dimensi tangibles dan meningkatkan pelayanan pada dimensi
responsiveness, reliability, assurance dan emphaty.
Kata kunci : Tingkat Kepuasan, Pelayanan Resep, Kamar Obat IFRSBT
Detail Information
Citation
Harisah. (2016).
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI KAMAR OBAT INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2016().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang
Harisah.
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI KAMAR OBAT INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2016().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2016.
Harisah.
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI KAMAR OBAT INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2016().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2016.
Harisah.
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI KAMAR OBAT INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH PANGKALPINANG TAHUN 2016().Poltekkes Pangkalpinang:Prodi DIII Farmasi Poltekkes Pangkalpinang,2016.